kunci utama kemajuan suatu daerah adalah Persatuan


ISTILAH- ini pada awalnya hanyalah sebuah pepatah yang menggambarkan bahwa kita harus memupuk persatuan dan kebersamaan, dan jika hal ini tak kita lakukan maka akan berantakan. Disini kita mungkin akan membicarakan berbagai pokok bermasalahan dan pemikiran, serta ide-ide yang akan saya berikan buat kita bersama, dimana dalam hal ini persatuan dan kerjasama baik antar individu, dan kelompok itu sangat penting.
Dalam konteks inipersatuan dan kerjasama sangatlah penting didalam kita menjalani kehidupan yang sudah mlai berkembang. Seperti kita ketahui dulu-dulu orang pintar hanya ada dikota-kota, karena identiknya orang kampung tidak ada yang sekolah, namun melaui kesadaran rakyat Dayak yang sudah mulai berkembang, kini kita sudah menyadari betapa penting nya Pendidikan itu. belajar dari hal ini juga kita jangan sampai lupa, yang artinya tanggung jawab kita sebagai Pendidik harus dapat menggunakan Intilegency yang kita miliki dengan sesuatu yang positif, karena dari itulah arti pendidikan yang sebenarnya. Untuk itu saya ingin mengajak kita semua dengan segala kerelaan hati dan sifat yang terbuka untuk tetap memupuk rasa kesatuan dan persatuan didalam berbagai hal apapun yang intinya untuk kemajuan kita bersama.
saudaraku semuanya, keberadan orang muda didalam pranata kehidupan sosial dimasyarakat sering sekali diragukan sepak terjangnya, mungkin karena orang masih berpikir kita belum memiliki pengalaman yang cukup untuk bisa beradaftasi dengan mereka, Namun dari hal ini lah konsef pemikiran yang kurang tepat, karena pada dasarnya cara kita berpartisipasi bukan hanya melalui keikutsertaan kita dalam sebuah Forum, kegiatan pemerintahan, politikus, dan lain sebagainya, tapi cara kita yang muda beradaptasi itu dapat melalui berbagai macam cara, mungkin diantaranya yang bisa kita lakukan adalah memberikan sumbangan ide-ide dan gagasan baru yang bermaanfaat, memberikan bantuan melaui tenaga yang kita milki.
Kembali kepada maslah persatuan dan kerjasama, saya ingin mengajak kita semua agar kita tetap meningkatkan kesatuan dan persatuan sebagai masyarakat yang tertinggal, karena sedikit saja kita melangkah resikonya akan sangat besar buat masa depan kita dan kesejahteraan masyarakat Kayan Hulu contohnya kita masyarakat sering teradu domba pada saat PEMILU, karean ada pihak-pihak yang pro-kontra terhadap candidat tertentu atau pendukung-pendukung dari kandidat itu sehingga menimbulkan konflik yang bahasa halusnya kita sebut sebagai perang saudara, padahal jika kita sadari yang rugi malah kita sendiri, mengapa ? saya beri contoh ada calon A dan calon B, pendukung-pendukungnya dan tim suksesnya karena ingin menarik perhatian masyarakat agar dipilih pasti melakukan berbagai cara, tapi yang bermasalah malah pendukung-pendukungnya bukan antara calon A dan calon B, nah dalam hal tersebut kita mungkin sudah dapat memahami maksud saya diatas.
akhirnya dapat kita simpulkan apakah sebenarnya arti penting dari memupuk kesatuan dan persatuan ini, tak lain dan tak bukan, semuanya adalah demi kesejahteraan hidup kita bersama, agar kita tak selalu dibawah komando orang luar, agar kita selalu bisa berdiri tegar menemukan jalan terbaik untuk memajukan daerah kita yang tertinggal atau kurang mendapat perhatian dari pemerintah. ini lah wujud dari BERSATU KITA TEGUH, BERSAMA DALAM KESUKARAN, KARENA KALAU KITA BERCERAI MAKA KITA AKAN BERANTANKAN.

Tinggalkan komentar